Aman Menghadapi Segala Masalah Mobil

Aman Menghadapi Segala Masalah Mobil
Masalah Mobil

Rabu, 10 November 2010

Jangan Takut Mengganti Air Radiator


Selain menganti oli mesin, gardan maupun transmisi. Kamu jangan lupa memikirkan sistim pendingin mobil kamu juga. Idealnya setiap 20 ribu kilometer air radiator mesti dikuras. Hal ini bertujuan menjaga kualitas air radiator yang bekerja mendinginkan mesin berjalan dengan normal.
Pertama sekali kamu hurus membuka tutup radiator yang berada diatas untuk membuang tekanan panas yang sangat tinggi. Direkomondasikan kamu membukanya pada saat mesin agak dingin. Caranya dengan menggunakan kain kering / usahakan yang sangat tebal supaya air panas itu tidak melukai tangan kamu. Biasanya para tukang radiator membukanya pada saat mesin berjalan. Ini bertujuan supaya sirkulasi mesin akan mengurangi tekanan air radiator itu.
Setelah terbuka, maka kamu dapat membuka baut pembuangan yang berada dibawahnya. Biasanya kamu cukup menggunakan tang, obeng plus atau kunci L tergantung jenis mobilnya. Berhati – hatilah saat kamu membukanya karena air panas akan melukai kamu apalagi jika kamu membukanya dari bawah, wajah rentan terkena cipratan air panas itu.
Setelah air radiator habis terkuras, tutup kembali baut penutupnya. Apabila baut sudah kurang rapat lagi / doll. Maka kamu perlu menggunakan selotip untuk mencegah kebocoran. Tuang air radiator kedalan radiator hingga penuh. Sisanya kamu tuang kedalam resevoir yang menghubungkan dengan radiator itu. Ada indikator yang menunjukan batas maksimun dan minimum. Tutup kembali penutup atasnya. Nyalakan mesin mobil kamu, lihat indikator yang berada di resevoir. Apabila berkurang segeralah kamu tambah kembali.
Bagi mobil yang sudah lama, biasanya air radiator sudah sangat keruh sekali karena banyak karat yang tergenang didalamnya terutama di blok mesin. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menyalakan mesin sambil membuka penutup atasnya dan mengucurkan air pendingin di mulut radiator terus menerus.
Biarkan mesin menyala sampai air yang keluar sudah jernih. Ini dilakukan pada saat mesin panas karena thermostat akan membuka klep pada saat suhu mesin tinggi. Tunggulah sampai beberapa saat sampai beberapa thermostat membuka klep untuk memastikan tidak ada udara palsu didalamnya. Kalau kamu ragu dapat kamu membuka katub  breather untuk memastikan ( biasanya pada mobil mewah seperti mercedes dan BMW)
 

1 komentar: